Menu

Mode Gelap
 

News · 8 Okt 2021 17:02 WITA ·

Investment Project Ready To Offer (IPRO) kawasan Gili Gede Dsk


 Investment Project Ready To Offer (IPRO) kawasan Gili Gede Dsk Perbesar

Penulis: Irsan Hadiyan

ERANTB.COM – Sebuah investasi tujuan utamanya haruslah menguntungkan, kalau tidak menguntungkan maka jangan berivestasi, begitu biasanya kita jika berbicara perihal investasi.

Dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2019-2023 pengembangan kawasan Gili Gede masuk dalam Program Strategis Wisata Andalan dengan dua program unggulan sekaligus yakni, “Penataan Tiga Gili Kabupaten Lombok Utara dan Pulau-pulau Kecil lainnya” dan “Penataan 99 Desa Wisata”. Dalam dokumen Rencana Induk Pariwisata Daerah (RIPPDA) NTB tahun 2013-2028 Gili Gede masuk dalam KSPD 3 Kuta-Mandalika dsk. Kemudian Gili Gede juga sudah masuk dalam salah satu Desa Wisata pada Keputusan Gubernur tentang 99 Desa Wisata.

Kembali berbicara investasi, Gili Gede memiliki potensi yang sangat bagus untuk investasi, selain dukungan regulasi, Gili Gede juga memiliki daya tarik tersendiri, dengan 3 kawasan dalam satu pulau. Daya tarik pertama adalah budaya, kemudian yang kedua adalah alamnya dengan laut dan pantai yang masih sangat bersih. Dengan amenities yang sudah dimiliki di lokasi ini. Jelas berinvestasi disini akan sangat menguntungkan.

Sedikit catatan dari saya untuk pengembangan Gili Gede, pengembangan sebuah kawasan wisata haruslah bertujuan untuk memberdyakan penduduk setempat, dan hendaknya dicari sebuah spesialisasi khusus untuk pengembangan kawasan ini. Jangan sampai pengembangan kawasan ini justeru berdampak pada menurunnya kunjungan wisatawan ke kawasan lainnya di daerah kita ini.

Spesialisasi spesifik haruslah dimiliki masing masing kawasan. Sehingga pengembangan kawasan yg satu tidak membunuh kawasan lainnya. Spesialisasi ini juga tentu akan mendorong rata-rata lama menginap meningkat, karena akan membuat wisatawan ingin melihat spesialisasi pada kawasan lainnya.

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemprov NTB  Targetkan 24 Ribu ASN, Dalam Gelar Pekan Literasi Digital Sektor Pemerintahan

24 April 2024 - 02:49 WITA

Pj Gubernur NTB Tutup Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan di Islamic Center

5 April 2024 - 16:08 WITA

MIM Foundation Berbagi Kebahagiaan dengan 500 Anak Yatim dalam Program Begibung Bersama Yatim, Dihadiri Walikota Mataram

1 April 2024 - 05:59 WITA

MUSDA V KAMMI, Rahmad Terpilih Jadi Ketua Umum PD KAMMI Sumbawa

18 Maret 2024 - 06:28 WITA

Menjelang Ramadhan, MIM Foundation Mendistribusikan 3800 Dus Air Mineral untuk Masjid di Nusa Tenggara Barat yang didukung oleh Bank Dinar

8 Maret 2024 - 10:37 WITA

PD KAMMI BIMA Mendesak Presiden Untuk Bersikap Netral Dalam Pilpres 2024 , Harus Menampilkan Sikap Negarawan

3 Februari 2024 - 21:06 WITA

Trending di News