Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan · 19 Jul 2021 15:31 WITA ·

SDIT Samawa Qur’ani Diresmikan, Targetkan Siswa Hafal 10 Juz


 SDIT Samawa Qur’ani Diresmikan, Targetkan Siswa Hafal 10 Juz Perbesar

ERANTB.COM – Sumbawa Besar, Setelah melalui proses yang panjang akhirnya Sekolah Dasar Islam Terpadu Samawa Qurani (SDIT SQ) dibawah naungan Yayasan Muhammad Nur Jamaluddin diresmikan oleh Camat Untir Iwis, Ahad (18/07/2021) dan akan mulai menerapkan belajar pada akhir Juli 2021 ini.

Hadir pada acara peresmian tersebut Camat Untir Iwis, Evi Supiati, S.STP,. Dr. Ir. H. A Kahar Karim, MM,. selaku penasehat SDIT SQ sekaligus mantan Sekda Sumbawa Priode 2005, pendiri Sekolah Ustad Sudirman, S.Pdi, Ketua Yayasan Muhammad Nur Jamaluddin Jusmiati, S.Pd,. para Ustad/Ustazah, wali murid, tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa Sering serta tamu undangan lainnya.

Selaku pendiri SDIT SQ, Ustad Sudirman, S.Pdi,. dalam sambutannya mengatakan, pendidikan islam dewasa ini semakin digemari masyarakat, hal ini menunjukkan ekspektasi dan harapan yang tinggi, sekaligus secara pribadi kami melihatnya sebagai wujud dari kekhawatiran terhadap realitas generasi yang kian memprihatinkan karena jauh dari nilai-nilai agama dan kehadiran SDIT Samawa Qurani ini adalah respon dari realitas generasi yang kian memprihatinkan tersebut.

“Kami hadir ditengah Pandemi covid-19 ini untuk melayani, mendekatkan pelayanan sekaligus ingin memperbaiki generasi bangsa terutama anak-anak kita di Sumbawa ini dan SDIT SQ bisa menjadi sekolah alternatif dimasa Pandemi Covid saat ini,” ucap Ustad Dirman.

SDIT Samawa Qurani ini lanjut Ustad Dirman, didesain lebih kepada penguatan Aqidah, Ibadah dan adab yang dilandasi KURIKULUM NABAWIYAH.

“Anak-anak bukan hanya menghafal rukun iman saja, tapi bagaimana agar iman tersebut menghujam ke dalam dirinya melalui kurikulum yang bersifat TERAPAN sehingga benar-benar menyatu dalam diri dan keseharian mereka kelak,” jelas Dirman.

Di sekolah ini, fokusnya 2-10 Juz yang diampuh oleh 3-6 Guru/kelas penghapal 30 Juz Al-Quran dan tidak ada guru lintas kelas, semua mengajar sampai pulang dengan strategi KBM Fun & Clear atau sekolah rasa privat ada di SDIT SQ ini.

“Bila ada yang bertanya : kenapa banyak sekali Guru yang mengajar di satu kelas pada SDIT SQ ? jawabannya, karena kami lebih mementingkan kualitas dan pelayanan disamping pengabdian. Semoga sekolah ini dapat menjadi alternatif pilihan dalam mewujudkan generasi shalih/shalihah,” ujarnya.

“Jika tidak bisa berbuat banyak, Jangan sampai tidak berbuat sama sekali. Kita berbuat sesuai kemampuan karena kami hanya setetes air di Samudra Indonesia,”

Ustad Dirman juga berharap kepada pemerintah agar pendidikan islam menjadi salah satu fokus dan perhatian bersama. “yang kami maksud disini bukan hanya spesifik kepada SDIT namun seluruh satuan pendidikan baik negeri mupun swasta agar benar-benar menjadi tempat pembinaan religi yang mantap bagi generasi kita. Wujudnya bisa dalam bentuk kebijakan/regulasi tertentu yang memungkinkan program pendidikan Islam berkembang dengan baik,” harapnya.

Ditempat yang sama Dr. Ir. H. A. Kahar Karim, MM., selaku penasehat SDIT SQ menambahkan, anak jangan hanya diajarkan untuk bisa mengaji saja tapi harus pandai dan faham makna dari ayat-ayat Al-Quran yang diajarkan, selain itu yang paling penting bagaimana adab dan akhlak seorang anak dapat tertanam dalam diri mereka sehingga hadir rasa takut bila meninggalkan sholat serta masih banyak lagi hal penting lainnya yang mengena dengan keadaan anak didik saat ini.

Semoga dengan lahirnya SDIT Samawa Qurani, mudah-mudahan menjadi jawaban dari keresahan sebagian besar orang tua tentang keadaan anak anak yang semakin hari semakin terpengaruhi oleh perkembangan zaman yang tidak bersahabat dengan budaya timur ini, ungkap Haji Kahar mantan Sekda Sumbawa ini.

Pada kesempatan tersebut, Camat Untir Iwis Evi Supiati, S.STP,. mengucapkan terima kasih atas hadirnya SDIT Samawa Qurani diwilayahnya. Menurutnya, dimasa Pandemi Covid saat ini, anak-anak masih bersekolah dengan cara Belajar Dari Rumah (BDR) dan ini bila orang tua tidak benar-benar memantau kegiatan belajarnya, semua materi yang disampaikan tidak akan maksimal dan membuahkan hasil yang baik sebab pelajaran lewat Hp meskipun hanya Film kartun banyak yang mengajarkan kekerasan dan hal buruk lainnya, ini tentu tidak baik bagi perkembangan pendidikan anak.

“Semoga dengan hadirnya SDIT Samawa Qurani ini akan ada inovasi dan gebrakan baru untuk cara belajar anak-anak apalagi sekolah ini fokus kepada adab dan akhlaq sebagaimana ajaran Al-Qur’an dan Sunnah,” ucapnya.

Selain itu, harapan dengan hadir dan diresmikannya SDIT SQ ini akan memberikan harapan baru sekaligus informasi kepada orang tua bahwa di Kecamatan Untir Iwis ini telah hadir sekolah yang In Shaa Allah akan membawa perubahan bagi anak-anak kita kedepannya. “Dengan mengucapkan Bismillah, SDIT Samawa Qurani hari ini, Ahad 18 Juli 2021 saya resmikan,” ungkap Camat UI seraya memotong pita peresmian SDIT SQ.

Untuk diketahui para pengajar di SDIT SQ ini adalah lulusan terbaik di sekolahnya serta memiliki hapalan 30 Juz Al-Quran. SDIT Samawa Qurani juga masih tetap membuka peluang pendaftaran bagi ayah-bunda yang ingin menyekolahkan buah hatinya meskipun ajaran baru telah berjalan.

Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bunda Niken Mendukung Gerakan Transisi PAUD – SD Yang Menyenangkan di Gebyar PAUD di Dompu

25 Juli 2023 - 10:54 WITA

Pustaka Pinggir Kali (Pupinka) Sumbawa, NTB raih Penghargaan KAWAN RUKI dari META.

20 Desember 2022 - 06:08 WITA

SD Terpadu Muhammadiyah Sumbawa, Wujudkan Sekolah Islam Terpadu Berbasis Alam

12 Desember 2022 - 21:24 WITA

Gubernur NTB Kenalkan Program Beasiswa Kepada Mahasiswa STKIP YAPIS Dompu

19 Oktober 2022 - 22:32 WITA

September Literasi, Wabup: Pemda Terus Berupaya Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

8 September 2022 - 06:48 WITA

Gubernur NTB Dorong Anak Muda NTB Ikuti Beasiswa ke Luar Negeri

19 Agustus 2022 - 09:19 WITA

Trending di Pendidikan