Menu

Mode Gelap
 

Pendidikan · 12 Feb 2020 16:14 WITA ·

Siswa SMAN 1 Alas Barat Kampanye Zero Waste


 Siswa SMAN 1 Alas Barat Kampanye Zero Waste Perbesar

ERANTB.COM – Alas Barat. Program Zero waste merupakan salah satu program unggulan dari Program NTB Gemilang dibawah kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. Zulkieflimansyah dan Dr. Sitti Rohmi Djalillah. Semenjak dilounching satu tahun yang lalu, kini program Zero Waste sudah menjadi isu yang banyak diperbincangkan di media sosial dan masyarakat. Tak mau ketinggalan, para siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Alas Barat juga ikut mengkampanyekan program Zero waste ini, yang selalu menjadi masalah pelik di kota-kota besar di seluruh dunia.

Pembina OSIS SMAN 1 Alas Barat, Imam Darmawan, S.Pd menyampaikan bahwa program zero waste ini pada intinya mengusung gerakan masyarakat dan siswa yang lebih care dengan lingkungan untuk masa depan yang berkelanjutan, sehingga mereka diharapkan dalam memanfaatkan sumber daya alam agar menghindari penggunaan barang atau plastik sekali pakai, misalnya tidak menggunakan gelas plastik, bungkus nasi dengan streoform atau alat pengemasan plastik sekali pakai dan yang paling sederhana untuk diterapkan adalah membuang sampah pada tempatnya. Maka Organisasi Siswa Intera Sekolah (OSIS) SMAN 1 Alas Barat menerapkan aturan bahwa setiap pulang sekolah, siswa harus membawa sampah untuk dibuang ditempat pembuangan sampah yang sudah disiapkan. Tujuaannya agar tercipta sekolah yang asri dan bersih dari segala jenis sampah, sekaligus wahana membangun budaya membuang sampah pada tempatnya kepada para siswa, besar harapan ini dilakukan oleh mereka dimana saja mereka berada sehingga menjadi inspirasi bagi masyarakat luas.

Kepala SMAN 1 Alas Barat, Drs. Purwanto juga menyampaikan kepada Era NTB, bahwa program ini juga berlaku dan melibatkan semua guru dan staff SMAN 1 Alas Barat. Sekolah ingin membangun siswa yang memiliki rasa tanggungjawab dan kesadaran terhadap lingkungan, karena inilah yang akan menjadi masalah bagi mereka kedepannya sebagai generasi penerus bangsa. Dengan program Tiket Sampah “Ingo Roro Kokat, Kumpul Roro Mole” ini dalam rangka membangun sekolah bebas sampah sebagaimana yang diharapkan oleh Pak Gubernur Nusa Tenggara Barat. Dan ikhtiar untuk membangun Nusa Tenggara Barat ini juga kami mulai dari para siswa kami, dari proses edukasi, praktek seperti yang sekarang ini, kedepannya sampai pada bagaimana memanfaatkan sampah-sampah untuk didaur ulang agar bernilai ekonomis dan memiliki manfaat sosial. Ini juga sekaligus meransang kepedulian, kreatifitas, dan inovasi dari para siswa-siswa kami di SMAN 1 Alas Barat.

Berdasarkan pantauan Era NTB, bahwa saat siswa pulang, masing-masing siswa mengambil sampah yang dipungut dari dalam kelas dan dalam lingkuangan sekolah, kemudian sampah tersebut dibuang dibak sampah yang sudah disiapkan, sembari diperiksa oleh anggota OSIS yang berjaga di pintu gerbang sekolah. Suasana yang menarik adalah tidak ada satupun siswa yang tidak memunggut sampah saat pulang sekolah. Hal ini tentu menjadi terobosan baru dan bagus untuk diduplikasi oleh sekolah-sekolah lainnya di seluruh NTB agar tercipta lingkungan sekolah yang bersih sekaligus terbangunnya siswa yang peduli dan menjaga lingkungannya. (ID)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bunda Niken Mendukung Gerakan Transisi PAUD – SD Yang Menyenangkan di Gebyar PAUD di Dompu

25 Juli 2023 - 10:54 WITA

Pustaka Pinggir Kali (Pupinka) Sumbawa, NTB raih Penghargaan KAWAN RUKI dari META.

20 Desember 2022 - 06:08 WITA

SD Terpadu Muhammadiyah Sumbawa, Wujudkan Sekolah Islam Terpadu Berbasis Alam

12 Desember 2022 - 21:24 WITA

Gubernur NTB Kenalkan Program Beasiswa Kepada Mahasiswa STKIP YAPIS Dompu

19 Oktober 2022 - 22:32 WITA

September Literasi, Wabup: Pemda Terus Berupaya Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

8 September 2022 - 06:48 WITA

Gubernur NTB Dorong Anak Muda NTB Ikuti Beasiswa ke Luar Negeri

19 Agustus 2022 - 09:19 WITA

Trending di Pendidikan