Menu

Mode Gelap
 

News · 3 Jun 2021 17:51 WITA ·

Tingkatkan Kapasitas Wartawan, MIO NTB Akan Jalin Kerjasama Dengan Sekolah Tinggi Multi Media Jogjakarta


 Tingkatkan Kapasitas Wartawan, MIO NTB Akan Jalin Kerjasama Dengan Sekolah Tinggi Multi Media Jogjakarta Perbesar

ERANTB.COM – Perkembangan zaman dan digitalisasi semakin tinggi, media online pun dituntut untuk mengikuti kebutuhan publik yang saat ini semakin meningkat dalam bidang informasi.

Tuntutan tersebut jelas ditujukan pada para wartawan atau jurnalis yang bekerja memberikan informasi sebaik mungkin dan secara update dengan konten yang baik dan keren.

Karena kebutuhan publik saat ini tidak cukup hanya membaca saja, namun lebih dari itu, seperti foto jurnalistik, membuat konten foto bercerita, bahkan konten video jurnalistik.

“Untuk menunjang profesi wartawan dalam perkembangan digitalisasi saat ini, kami akan mencoba melobi pihak sekolah tinggi multi media atau MMTC Jogjakarta, agar teman-teman di MIO dapat meningkatkan kapasitasnya dan belajar di sana,” ujar ketua DPW Media Independen Online (MIO) Indonesia Provinsi NTB, Feryal Mukmin saat ditemui di Mataram, Kamis (3/6).

Ia mengatakan, bahwa wartawan saat ini tidak harus puas pada satu karya tulis saja, tetapi dapat juga mengembangkan dan mengasah skill nya di bidang foto jurnalistik dan video jurnalistik.

“Ini tuntutan zaman, wartawan dituntut untuk bisa segalanya jika ingin berkembang, insyaAllah kita akan coba lobi,” kata Feryal MP yang pernah meraih penghargaan jurnalis terbaik dari Polri tersebut.

Ia menilai, bahwa gebrakan-gebrakan di dunia jurnalis ini harus dilakukan, karena wartawan di NTB khususnya masih minim yang memiliki skill yang komplit, kata Feryal, dan ini adalah tugas besar MIO NTB.

Feryal memilih sekolah tinggi multi media (MMTC) Jogjakarta untuk menimba ilmu di sana karena Ia sendiri pernah merasakan asyiknya belajar ilmu jurnalistik di sekolah tersebut dengan tutor para senior di bidangnya.

“Saya pernah menimba ilmu di MMTC pada 2018 lalu bersama para jurnalis terbaik se-Indonesia, jadi di sana kita bisa melihat alat-alat peliputan yang lengkap, studio, ruang rekaman, dan kita bisa belajar membuat video serta berbincang langsung dengan para senior,” kata Feryal.

Feryal akan meminta bantuan kepada Kementerian Kominfo agar dapat difasilitasi dan diberi kemudahan dalam rencana tersebut.

“Ini niat baik kita bersama, untuk kemajuan para wartawan NTB agar dapat bersaing dengan wartawan-wartawan hebat lainnya yang skill nya sudah tinggi,” katanya.

Rencana ini, tambah Feryal, akan dimasukan dalam agenda rencana kerja tahunan yang akan dirilis oleh MIO NTB.

Selain itu, MIO NTB juga akan berusaha melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan akan meminta bantuan DPP MIO Pusat agar UKW tersebut dapat juga diikuti oleh wartawan di MIO NTB.

“Tahun ini kita tidak dapat, karena jatah UKW telah diberikan kepada PWI, insyaAllah kita akan mencoba berusaha semampu kita untuk dapat mengadakan UKW sesuai dengan arahan DPP,” tandas sosok humanis dan gagah tersebut.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemprov NTB  Targetkan 24 Ribu ASN, Dalam Gelar Pekan Literasi Digital Sektor Pemerintahan

24 April 2024 - 02:49 WITA

Pj Gubernur NTB Tutup Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan di Islamic Center

5 April 2024 - 16:08 WITA

MIM Foundation Berbagi Kebahagiaan dengan 500 Anak Yatim dalam Program Begibung Bersama Yatim, Dihadiri Walikota Mataram

1 April 2024 - 05:59 WITA

MUSDA V KAMMI, Rahmad Terpilih Jadi Ketua Umum PD KAMMI Sumbawa

18 Maret 2024 - 06:28 WITA

Menjelang Ramadhan, MIM Foundation Mendistribusikan 3800 Dus Air Mineral untuk Masjid di Nusa Tenggara Barat yang didukung oleh Bank Dinar

8 Maret 2024 - 10:37 WITA

PD KAMMI BIMA Mendesak Presiden Untuk Bersikap Netral Dalam Pilpres 2024 , Harus Menampilkan Sikap Negarawan

3 Februari 2024 - 21:06 WITA

Trending di News