Menu

Mode Gelap
 

News · 12 Mar 2021 13:07 WITA ·

HEBAT ! MAN 2 Mataram Hadirkan Menteri Agama


 HEBAT ! MAN 2 Mataram Hadirkan Menteri Agama Perbesar

ERANTB.COM– Mataram- Menteri Agama KH. Yaqut Cholil Qoumas. berkenan meresmikan Gedung Pembelajaran Terpadu MANPK MAN 2 Mataram dan Gedung lain madrasah yang bersumber dari SBSN tahun anggaran 2020 di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kamis (03/21)

Adapun madrasah yang mendapatkan dana yang bersumber dari SBSN (Surat Berharga Syari’ah Negara) antara lain MAN 2 Mataram, Man IC Lombok Timur dan MTsN 3 Lombok Timur serta bangunan gedung untuk kantor KUA Kabupaten Lombok Utara.

Spesial untuk MAN 2 Mataram telah dibangunkan dua gedung penunjang, yakni Asrama Putra dan Laboratorium Keagamaan. Dua bangunan ini didanai juga oleh SBSN (Surat Berharga Syari’ah Negara). Dua Gedung tersebut dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Asrama Putra dilengkapi dengan kamar tidur AC, kamar mandi, ruang baca untuk berdiskusi, kipas angin setiap ruangan, ruang pengasuh, wastafel, dispenser dan meubeler yang memadai.

Demikian juga dengan Laboratorium Keagamaan setiap ruangannya dilengkapi dengan air conditioner dan kamar mandi. Gedung ke-tiga yang diberikan kepada MAN 2 Mataram adalah Gedung Pembelajaran Terpadu. Gedung tersebut sekaligus sebagai lokasi peresmian oleh Bapak Menteri Agama.

Acara peresmian Gedung dihadiri oleh Bapak Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB, Gubernur NTB, Kapolda NTB, Danrem 162 Wirabhakti, Kajati NTB, Wali Kota Mataram yang diwakili oleh Wakil Wali Kota terpilih, anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah NTB, Rektor UIN Mataram, Rektor UNU NTB, Rektor STAHN/IAHN (Institut Agama Hindu Negeri), Rektor UNW Mataram, unsur pejabat Kanwil Kemenag NTB, Kepala Kementerian Agama Kota Mataram, Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Barat, dan Kabupaten Lombok Tengah. Hadir pula Kepala KUA se-Kota Mataram, kepala MIN se-Kota Mataram, Kepala MTsN se-Kota Mataram, kepala MAN se-Kota Mataram, Kepala MAN Insan Cendekia Lombok Timur, Kepala MTsN 3 Lombok Timur dan beberapa tamu undangan lainnya. Turut memeriahkan kegiatan yaitu ekskul hadroh MAN 2 Mataram.

Momen ini merupakan sebuah anugerah terindah bagi warga Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat, khususon bagi MAN 2 Mataram. Persiapan dilakukan H-1 kegiatan, dengan mengeluarkan segala kemampuan dan dedikasi yang tinggi. Panitia berpacu dengan waktu untuk mempersembahkan hal terbaik dan terindah.

Acara diawali dengan ucapan selamat datang dari Bapak Kepala Kanwil Kemenag NTB. Dalam kesempatan itu, Bapak Kakanwil melaporkan bahwa ada 10 kementerian Kota dan Kabupaten di Nusa Tenggara Barat, yang tersebar di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Terkait dengan Gedung yang bersumber dari dana SBSN Tahun anggaran 2020, Bapak Kakanwil melaporkan ada sekitar sembilan madrasah maupun kantor yang mendapatkannya. Empat di Pulau Lombok dan lima di Pulau Sumbawa, saat ini yang akan diresmikan adalah gedung yang ada di Pulau Lombok yang berpusat di MAN 2 Mataram.

“Bangunan gedung yang bersumber dari dana SBSN 2020 seluruhnya telah rampung dan telah diserahkan dan sebagian sudah digunakan, namun belum diresmikan. Karenanya saya berharap, Bapak Menteri berkenan untuk meresmikannya”. ujar Bapak Kakanwil

Dalam laporannya, Bapak Kakanwil mengurai jika Kemenag NTB bersinergi dengan semua unsur masyarakat dan agama. Masyarakatnya selalu menyambut baik even-even keagamaan, terlebih Lombok dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid, otomatis masyarakatnya agamis.

Mudah-mudahan dengan kedatangan Bapak Menteri hari ini, membawa barokah bagi Masyarakat NTB pada umumnya dan masyarakat Lombok khususnya.

Hubungan persaudaraan antar agama terjalin dengan baik. Beliau juga berharap agar semua gedung dan program dari Kanwil Kementerian agama Provinsi Nusa Tenggara Barat dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Ketika memberikan sambutan, Bapak Menteri mengingatkan kepada warga madrasah agar senantiasa mensyukuri nikmat yang diberikan. Bukan hanya gedung yang bagus dan indah, melainkan isinya juga harus bagus. Adanya gedung baru dan bagus harus menjadi ghirah bagi penghuninya. Beliau berharap, gedung hendaknya dimanfaatkan dengan kegiatan-kegiatan yang menunjang kinerja serta warga madrasah harus lebih menunjukkan dedikasi, semangat dan prestasi yang semakin baik di masa yang akan datang.

Masalah lain yang disampaikan oleh Bapak Menteri adalah terkait dengan vaksin virus Covid-19. Menteri mengungkapkan bahwa: “masih banyak masyarakat Indonesia yang menolak vaksin, padahal jelas-jelas vaksin itu halal dan sudah dihalalkan MUI. Fakta Bapak Presiden Jokowi menghadiri para Ulama yang divaksin di Semarang mengindikasikan bahwa tidak diragukan lagi jika vaksin covid-19 itu halal. Karenanya, bagi masyarakat Indonesia hendaknya segera melakukan vaksin bahkan beliau menegaskan vaksin itu perlu, penting dan harus untuk kesehatan dan keselamatan kita, juga untuk melindungi keluarga, lingkungan dan masyarakat kita,” terangnya.

Mengucapkan syukur dan terima kasih atas kedatangan dan kesempatan Bapak Menteri ke Nusa Tenggara Barat. Beliau senang karena madrasah-madrasah di bawah naungan Kementerian Agama semakin maju dan mampu bersinergi dengan semua unsur, lebih-lebih dengan Lembaga Pendidikan di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,”ungkap Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M.Sc Gubernur NTB.

Lanjut, Dr. Dzul menjabarkan bahwa Sirkuit Mandhalika yang ada di Kute-Lombok bagian Selatan, sudah 90% positif akan digelar, hanya saja masih menunggu waktu yang tepat, mengingat saat ini Covid-19 masih merajalela. Dalam kesempatan itu, bapak Gubernur juga mempromosikan pariwisata di Lombok,” kata Dr Dzul disapa akrabnya.

“Alhamdulillah, Lombok dari sisi pariwisata sangat indah dan tidak akan mengecewakan para pelancongnya, lebih-lebih masyarakatnya yang ramah dan religius, banyak spot-spot wisata, baik tentang keindahan laut di Nusa Tenggara Barat maupun keragaman hayati dan kearifan lokal-nya, ungkapnya.” Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Agama didampingi oleh Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M.Sc., dan Kepala Kanwil Kemenag NTB Bapak KH. Dr. Zaidi Abdad, M.Ag.

Semua warga madrasah bergembira, euforianya bisa terlihat dengan sumringahnya mereka mengambil gambar pada setiap momen. Hal ini tentu sangat disyukuri, mengingat ini pertama kalinya Madrasah di bawah naungan Kementerian Agama didatangi sosok sekelas Menteri beserta para Pemimpin Daerah (Kapolda NTB, Kajati NTB, Danrem 162 Wirabhakti, Walikota) dan sejumlah pimpinan instansi pemerintah lainnya. Apalagi panitia pelaksana merasa puas, karena semua acara berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan, bahkan melebihi dari ekspektasi.

“Ternyata kita bisa dan mampu mendatangkan tokoh sekelas Menteri dan jajarannya. Selama kita bekerjasama dan memiliki visi yang sama untuk memajukan madrasah. Alhamdulilah a’la kulli hal, semoga ini menjadi penyemangat bagi kita semua. Kita semua siap menjadi garda terdepan dalam mencerdaskan anak bangsa dan berprestasi dari semua sisi. Sekali lagi jargon madrasah hebat-bermartabat dan mendunia semakin terasa, “terang Drs. H. Lalu Syauki MS, M.Pd. Kepala Madrasah. [*Humas M2M].

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemprov NTB  Targetkan 24 Ribu ASN, Dalam Gelar Pekan Literasi Digital Sektor Pemerintahan

24 April 2024 - 02:49 WITA

Pj Gubernur NTB Tutup Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan di Islamic Center

5 April 2024 - 16:08 WITA

MIM Foundation Berbagi Kebahagiaan dengan 500 Anak Yatim dalam Program Begibung Bersama Yatim, Dihadiri Walikota Mataram

1 April 2024 - 05:59 WITA

MUSDA V KAMMI, Rahmad Terpilih Jadi Ketua Umum PD KAMMI Sumbawa

18 Maret 2024 - 06:28 WITA

Menjelang Ramadhan, MIM Foundation Mendistribusikan 3800 Dus Air Mineral untuk Masjid di Nusa Tenggara Barat yang didukung oleh Bank Dinar

8 Maret 2024 - 10:37 WITA

PD KAMMI BIMA Mendesak Presiden Untuk Bersikap Netral Dalam Pilpres 2024 , Harus Menampilkan Sikap Negarawan

3 Februari 2024 - 21:06 WITA

Trending di News