Menu

Mode Gelap
 

News · 9 Okt 2021 22:59 WITA ·

Kungker Singkronkan PGDT, Nanang: Pelayanan Gawat Darurat Mesti Bisa Meminimalisir Kecacatan dan Kematian


 Kungker Singkronkan PGDT, Nanang: Pelayanan Gawat Darurat Mesti Bisa Meminimalisir Kecacatan dan Kematian Perbesar

ERANTB.COM – Panitia Khusus IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumbawa melakukan kunjungan kerja ke Dinas Kesehatan Kota Mataram terkait dengan pendalaman muatan isi dan substansi serta penerapan Rancangan Peraturan Daerah Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT). Rombongan dipimpin oleh Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Sumbawa Nanang Nasirudin, S.AP., turut hadir anggota Pansus 4 yang juga anggota Komisi 4 DPRD Kabupaten Sumbawa yakni Ismail Mustaram SH, Sahrul, Muhammad Tahir, Ahmadul Kosasi, SH, Drs Saidatul Kamila, Basaruddin SAP, Irwandi, Ida Rahayu SAP., H Ruslan, Muhammad Nur SPdI, diterima oleh Kabid Dikes Kota Mataram beserta jajarannya, Kamis (10/21).

Menurut Nanang Nasiruddin, S.AP, Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Sumbawa, “kita berharap nantinya Daerah kita memiliki Sistem Penanggulangan Gawat Darurat. Hal ini didasari atas kondisi dimana angka kejadian gawat darurat di masyarakat Sumbawa yang terus meningkat”.

Lanjut Nanang akrab Legislator ini disapa, “hal ini dalam rangka mencegah kecacatan dan angka kematian di masyarakat akibat lamanya masyarakat mendapat pelayanan darurat, karena sistem penanggulangan, cara dan media masyarakat dalam mendapatkan akses pelayanan darurat yang perlu ditata dan diperbaiki”, paparnya.

“Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu, sebuah sistem penanggulangan pasien gawat darurat yang terdiri dari unsur, pelayanan sebelum ke rumah sakit, pelayanan di rumah sakit dan antar rumah sakit atau rujukan. Pelayanan berpedoman pada respon cepat yang menekankan pada penangan dari segi waktu yang cepat dan tertangani sehingga mengurangi resiko kecacatan dan kematian, yang melibatkan pelayanan oleh masyarakat awam umum dan khusus, petugas medis, pelayanan ambulans gawat darurat dan sistem komunikasi, papar Nanang Anggota Fraksi PKS DPRD Kabupaten Sumbawa ini.

Dalam agenda tersebut hadir pula semua anggota pansus 4 didampingi oleh Sekretaris Dewan H. Amri S.Sos. M.Si, Kasubag Humas dan Protokol Dedy Arisandi SAP., serta kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa yang sekaligus staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan I Ketut Sumadi Arta SH, bersama Kabag Hukum yang diwakili oleh Lukman Bayuarsyah SH.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas dan berkembang diskusi mengenai isu terkini penanganan covid-19, implementasi penanganan kegawatdaruratan di Kota Mataram.

Berdasarkan penjelasan dari Dinas Kesehatan Kota Mataram bahwa urusan kegawatdaruratan ini ditempatkan di Rumah Sakit Kota Mataram yang bekerja sama dengan unit 119 (nomor darurat) yang terintegrasi dengan seluruh Puskesmas yang tersebar di Kota Mataram, terhubung juga kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat di Mataram.

Kota Mataram disamping memiliki layanan fasilitas kesehatan yang dikelola oleh Pemerintah Daerah juga tersedia Rumah Sakit /klinik swasta. Atas keberadaan Faskes tersebut Pemerintah Daerah juga melibatkannya dalam penanganan kegawatdaruratan, untuk itu koordinasi komunikasi kerjasama dengan seluruh fasilitas kesehatan yang ada di kota Mataram terbangun secara harmonis.

Menurut Dinas Kesehatan Kota Mataram bahwa beradaan unit kerja 119 mengambil peranan penting pada masa pandemi. Hal ini juga dinyatakan oleh Dinas Kesehatan Sumbawa bahwa 119 yang ada di kabupaten Sumbawa berperan dalam menangani kegawatdaruratan.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemprov NTB  Targetkan 24 Ribu ASN, Dalam Gelar Pekan Literasi Digital Sektor Pemerintahan

24 April 2024 - 02:49 WITA

Pj Gubernur NTB Tutup Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan di Islamic Center

5 April 2024 - 16:08 WITA

MIM Foundation Berbagi Kebahagiaan dengan 500 Anak Yatim dalam Program Begibung Bersama Yatim, Dihadiri Walikota Mataram

1 April 2024 - 05:59 WITA

MUSDA V KAMMI, Rahmad Terpilih Jadi Ketua Umum PD KAMMI Sumbawa

18 Maret 2024 - 06:28 WITA

Menjelang Ramadhan, MIM Foundation Mendistribusikan 3800 Dus Air Mineral untuk Masjid di Nusa Tenggara Barat yang didukung oleh Bank Dinar

8 Maret 2024 - 10:37 WITA

PD KAMMI BIMA Mendesak Presiden Untuk Bersikap Netral Dalam Pilpres 2024 , Harus Menampilkan Sikap Negarawan

3 Februari 2024 - 21:06 WITA

Trending di News