Menu

Mode Gelap
 

News · 6 Nov 2020 06:24 WITA ·

Rumah Zakat Dorong Peningkatan Kesehatan Masyarakat Lewat Kebun Gizi


 Rumah Zakat Dorong Peningkatan Kesehatan Masyarakat Lewat Kebun Gizi Perbesar

ERANTB.COM — Relawan Inspirasi Rumah Zakat sebagai fasilitator P2L Kebun Gizi Desa Mbawa Kec. Donggo Kab. Bima NTB. terus mengajak masyarakat setempat untuk lebih memanfaatkan pekarangan rumah sebagai kebun gizi pemenuhan kesehatan keluarga.

Kekurangan gizi masih merupakan masalah utama yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Di Indonesia berdasarkan hasil penelitian riset kesehatan dasar (Riskesdas, 2010) menyatakan masih banyak penduduk yang tidak cukup mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sekitar 93,6%. Selanjutnya data Riskesdas pada tahun 2013 tercatat pada penduduk umur lebih dari 10 tahun yang mengonsumsi kurang dari 5 porsi buah dan sayur dalam sehari sebesar 93,5%, sedangkan proporsi mengonsumsi lebih dari 5 buah dan sayur tiap harinya pada data Riskesdas masih terbilang rendah yaitu hanya sebesar 3,3%. Padahal, konsumsi sayuran dan buah-buahan merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan Gizi Seimbang.

Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin, mineral, dan serat pangan. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh. Kurang mengonsumsi buah dan sayur dapat mengakibatkan tubuh mengalami kekurangan zat gizi seperti vitamin, mineral dan serat sehingga dapat menimbulkan terjadinya berbagai macam penyakit.

Suparman Selaku Relawan Inspirasi Rumah Zakat Desa Mbawa menambahkan bahwa program Kebun Gizi Rumah Zakat kolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan Nusa Tenggara Barat (NTB) ini bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat dan mengedukasi masyarakat agar lebih memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam berbagai macam sayur-sayuran dan buah-buahan serta tanaman obat-obatan herbal, sehingga outputnya nanti memudahkan masyarakat untuk mewujudkan gizi yang seimbang,” Ungkapnya.

Suparman menambahkan Saat ini, ada beberapa jenis tanaman sayuran dan buah-buahan yang terisi di rumah bibit kelompok Mbawa berdaya seperti tanaman Cabai, Seledri, kangkung, Bayam, Pakcoy, sawi dan tanaman buah seperti strowberi dan apel,” kata Suparman.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemprov NTB  Targetkan 24 Ribu ASN, Dalam Gelar Pekan Literasi Digital Sektor Pemerintahan

24 April 2024 - 02:49 WITA

Pj Gubernur NTB Tutup Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan di Islamic Center

5 April 2024 - 16:08 WITA

MIM Foundation Berbagi Kebahagiaan dengan 500 Anak Yatim dalam Program Begibung Bersama Yatim, Dihadiri Walikota Mataram

1 April 2024 - 05:59 WITA

MUSDA V KAMMI, Rahmad Terpilih Jadi Ketua Umum PD KAMMI Sumbawa

18 Maret 2024 - 06:28 WITA

Menjelang Ramadhan, MIM Foundation Mendistribusikan 3800 Dus Air Mineral untuk Masjid di Nusa Tenggara Barat yang didukung oleh Bank Dinar

8 Maret 2024 - 10:37 WITA

PD KAMMI BIMA Mendesak Presiden Untuk Bersikap Netral Dalam Pilpres 2024 , Harus Menampilkan Sikap Negarawan

3 Februari 2024 - 21:06 WITA

Trending di News