Menu

Mode Gelap
 

Nasional · 29 Agu 2023 03:54 WITA ·

Tim Terpadu Kebakaran Hutan KLHK Mengaktifkan Kembali Sub Posko SiPongi dan MPA, Mencegah Kebakaran Hutan di NTB


 Tim Terpadu Kebakaran Hutan KLHK Mengaktifkan Kembali Sub Posko SiPongi dan MPA, Mencegah Kebakaran Hutan di NTB Perbesar

 

ERANTB.COM–Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr H Zulkieflimansyah, SE, MSc menerima Tim Terpadu Kebakaran Hutan dan Lahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. dan menyambut baik rencana membentuk sub posko SiPongi dan Masyarakat Peduli Api (MPA) di NTB.

Tim yang diketuai Jhoni Siahaan, Staf Khusus KLHK mengatakan, kunjungan tim selain mengetahui kondisi lapangan juga mengaktifkan kembali koordinasi dan penanganan Karhutla sampai di level daerah titik api.

Foto Gubernur NTB Dr. Dzul Bersama Tim Terpadu Kebakaran
Hutan  dan Lahan Kementerian Lingkungan Hidup RI

“Secara umum, Karhutla di NTB turun sejak 2021. Untuk itu koordinasi penanganan kita aktifkan juga sosialisasi penanganan api untuk MPA yang akan dibentuk”, jelasnya.

Ia menguraikan, sistem monitoring SiPongi (sistem informasi deteksi dini pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang berbasis aplikasi dan web. SiPongi ini berbasis data bernama satelit NOAA dan Tera serta dibantu cahaya matahari) yang menjadi informasi rujukan titik api yang berkedudukan di Bali.

“Kita koordinasi intens dengan Kadis LHK, kepala balai taman nasional, BKSDA dan stakeholder lain seperti BPBD, TNI dan Polri, khusus diluar kawasan taman nasional untuk antisipasi munculnya hotspot. Begitupula dengan MPA yang akan diedukasi dari pencegahan sampai penanganan dengan melibatkan masyarakat “, ujar Jhoni.

Upaya ini juga sebagai antisipasi memasuki kemarau panjang tahun ini yang memiliki potensi Karhutla di kedua pulau utama yang tersebar di semua daerah di NTB.

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemprov NTB  Targetkan 24 Ribu ASN, Dalam Gelar Pekan Literasi Digital Sektor Pemerintahan

24 April 2024 - 02:49 WITA

Pj Gubernur NTB Tutup Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan di Islamic Center

5 April 2024 - 16:08 WITA

MIM Foundation Berbagi Kebahagiaan dengan 500 Anak Yatim dalam Program Begibung Bersama Yatim, Dihadiri Walikota Mataram

1 April 2024 - 05:59 WITA

MUSDA V KAMMI, Rahmad Terpilih Jadi Ketua Umum PD KAMMI Sumbawa

18 Maret 2024 - 06:28 WITA

Johan Rosihan : Tegaskan Pemerintah Harus Fokus Penuhi 2,5 Juta Ton Stok Beras dan Hentikan Proyek IKN !

9 Maret 2024 - 06:02 WITA

Menjelang Ramadhan, MIM Foundation Mendistribusikan 3800 Dus Air Mineral untuk Masjid di Nusa Tenggara Barat yang didukung oleh Bank Dinar

8 Maret 2024 - 10:37 WITA

Trending di News