Menu

Mode Gelap
 

News · 17 Agu 2020 09:11 WITA ·

Bang Zul : Syukurilah Setiap Peristiwa, Ada Hikmah di Baliknya!


 Bang Zul : Syukurilah Setiap Peristiwa, Ada Hikmah di Baliknya! Perbesar

ERANTB.COM— Alkisah ada seorang raja yang sangat mashyur. Kegemarannya berburu rusa di hutan ditemani perdana menterinya. Suatu katika sang raja berhasil menangkap seekor rusa. Saking gembiranya, Ia buru-buru pulang untuk mengolah hasil buruannya.

Ia segera menyembelih rusanya, saking asyik memotong daging rusa buruannya, Ia tak sengaja memotong ibu jari tangannya. Satu kerajaan panik, para tabib kerajaan berdatangan untuk membantu menyambung kembali ibu jari tangan raja, tapi hasilnya nihil.

Tak terima dengan keadaanya, raja tertunduk sedih lesuh tak bersemangat. Kemudian seorang menteri kepercayaannya datang. Dengan bijak menteri tersebut menasihatinya, “Jangan bersedih wahai baginda raja, bersyukurlah, segala sesuatu yang terjadi pasti pasti ada hikmahnya.”

Mendengar kata-kata menterinya, raja tak terima. Sang raja marah besar, kemudian Ia berkata, “Engkau sudah gila menyuruhku bersyukur atas terpotongnya ibu jari tanganku?”. Coba lihat, apa bagusnya ibu jari tanganku yang terpotong ini?

Menterinya diam tidak bisa menjawab apa-apa. Sang raja kemudian memerintahkan pengawalnya untuk menjobloskan menteri ke penjara karena sudah menyinggung perasaan sang raja.

Waktu terus berlalu, hari demi hari, bulan demi bulan, menteri bijak yang menjadi penasihatnya telah dipenjara. Raja kembali berburu ke hutan. Saking semangatnya mengejar rusa, Ia tak sadar memasuki wilayah terlarang yang dikuasai oleh suku primitif kejam yang sering memberikan persembahan manusia kepada dewa mereka.

Akhirnya, sang raja ditangkap oleh suku primitif tersebut, kemudian diarak untuk menjadi persembahan dalam upacara besar mereka. Sang raja diseret ke tengah-tengah suku tersebut. Ketika sang raja hendak dilemparkan ke dalam tungku yang menyala, Kepala Suku berteriak. “Jangan! Kita tidak bisa persembahkan manusia yang cacat pada dewa kita! Kepala Suku melihat Raja tidak memiliki ibu jari. Akhirnya sang raja dilepaskan.

Sang Raja langsung pulang. Di tengah perjalanan Ia ingat betul kata-kata menterinya yang telah Ia jebloskan ke penjara. Sesampai di kerajaan, Ia lekas menemui menterinya. “Ternyata engkau benar menteriku, maafkan aku. Ibu jariku yang terpotong ini ada hikmahnya. Karena jariku terpotong, aku tak jadi dipersembahkan buat Dewa suku primitif itu!”. Ucap sang raja dengan penuh penyesalan.

“Wahai baginda, janganlah meminta maaf. Justru hambalah yang harus meminta maaf dan berterima kasih karena telah memenjarakan hamba di sini”. Jawab menterinya. Sang raja kagetnya bukan main, tak percaya, “Kau sudah gila wahai menteriku? Bagaimana kau bisa berterima kasih dan meminta maaf, padahal aku sudah memenjarakanmu?”

“Wahai baginda, saya harus bersyukur dan berterima kasih pada baginda karena saya dipenjara. Kalau tidak, saya pasti akan ikut berburu bersama baginda dan ditangkap oleh suku primitif itu. Ketika baginda tidak jadi dipersembahkan sudah pasti hambalah yang akan menjadi pengganti sesembahan buat Dewa mereka.” Jawab menteri tersebut dengan senyum bahagia. [] [] []

Kita sering tak menyadari, ada banyak peristiwa dalam hidup ini, kita tak terima, kita tak menyenanginya, padahal dibaliknya selalu ada kebaikan besar yang menanti. Ketika kita mampu meyakini “setiap peristiwa atau kejadian dalam hidup kita akan selalu ada hikmahnya” maka tak ada lagi kata sedih, pilu, menyesal, dan putus asa dalam kamus hidup kita. Masalah apa pun yang kita hadapi, akan menjadi sangat ringan karena kita telah sangat yakin dan percaya bahwa dibalik masalah atau kerumitan hidup yang kita alami, ada hikmah dan kenikmatan di baliknya.

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Tuhan mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui”. (QS. Al-Baqarah: 216)

Penulis : Dr. Dzulkiflimansyah, M.sc

Editor : Gazwan

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemprov NTB  Targetkan 24 Ribu ASN, Dalam Gelar Pekan Literasi Digital Sektor Pemerintahan

24 April 2024 - 02:49 WITA

Pj Gubernur NTB Tutup Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan di Islamic Center

5 April 2024 - 16:08 WITA

MIM Foundation Berbagi Kebahagiaan dengan 500 Anak Yatim dalam Program Begibung Bersama Yatim, Dihadiri Walikota Mataram

1 April 2024 - 05:59 WITA

MUSDA V KAMMI, Rahmad Terpilih Jadi Ketua Umum PD KAMMI Sumbawa

18 Maret 2024 - 06:28 WITA

Menjelang Ramadhan, MIM Foundation Mendistribusikan 3800 Dus Air Mineral untuk Masjid di Nusa Tenggara Barat yang didukung oleh Bank Dinar

8 Maret 2024 - 10:37 WITA

PD KAMMI BIMA Mendesak Presiden Untuk Bersikap Netral Dalam Pilpres 2024 , Harus Menampilkan Sikap Negarawan

3 Februari 2024 - 21:06 WITA

Trending di News