Menu

Mode Gelap
 

News · 11 Agu 2020 09:21 WITA ·

BERSAMA AL QUR’AN, DI DUNIA PANEN PAHALA DI AKHIRAT HIDUP MULIA


 BERSAMA AL QUR’AN, DI DUNIA PANEN PAHALA  DI AKHIRAT HIDUP MULIA Perbesar

ERANTB.COM–Setiap kita, saya yakin tahu apa itu al Quran dan pernah membaca al Quran. al Quran adalah kalamullah (firman Allah) yang sangat luar biasa manfaat serta dampaknya bagi kehidupan kita, khususnya seorang muslim, baik untuk kehidupannya di dunia ataupun di akhirat kelak.

Dan tahukah anda bahwasanya segala sesuatu yang berkaitan dengan al Quran akan menjadi mulia dan mendapatkan derajat yang tinggi.

Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. dan lihatlah Rasulullah menjadi Sayyidul Mursalin (pemimpin para Rasul), Al Quran diturunkan pada bulan Ramadhan, Dan lihatlah ramadhan menjadi Sayyidussuhur (rajanya bulan) atau bulan terbaik, Al Quran diturunkan pada malam Lailatul Qadhar maka lihatlah malam Lailatul Qadhar menjadi malam yang lebih baik dari seribu bulan. Al Quran diturunkan melalui perantara malaikat Jibril maka lihatlah malaikat Jibril menjadi pemimpin para malaikat. Al Quran diturunkan kepada ummat Nabi Muhammad Saw. maka lihatlah ummat nabi Muhammad Saw. menjadi ummat terbaik dari ummat-ummat yang lain. Dan lihatlah orang yang TERBAIK dari ummat ini adalah orang yang mempelajari dan mengajarkan al Quran. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah Saw. yang diriwayatkan oleh sahabat mulia Ustman bin ‘Affan R.A.

عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ النَّبِىُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ .(رواه البخاري)

Diriwayatkan dari Utsman bin ‘Affan R.A. dia berkata: Rasulullah Saw. bersabda: “Orang yang terbaik di antara kalian ialah yang mempelajari al Quran dan mengajarkannya” (HR. Bukhari)

Dengan mempelajari al Quran saja kita sudah dikategorikan menjadi yang terbaik dari ummat ini. Lalu bagaimana jika kita bisa mengamalkannya.?

Dalam hadits yang lain yang diriwayatkan oleh sahabat mulia Abdullah bin ‘Amr Al’ ‘Ash R.A. digambarkan bagaimana mulianya orang-orang yang selalu membaca dan menghafalkan al Quran di akhirat kelak,

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِىِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِى الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَتَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَأُ بِهَا .(رواه الترمذي وأبو داؤد)

Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr R.A. dari Nabi Saw. beliau bersabda: “Pada hari kiamat nanti akan dikatakan kepada para pembaca al Quran:”Bacalah dan naiklah sebagaimana engkau terus-menerus meningkatkan diri dalam membaca al Quran di dunia. Kedudukanmu di akhirat ini setinggi bacaan al Quranmu”. (HR. Tirmidzi dan Abu Daud).

Subhanallah, Berdasarkan hadits di atas dapat disimpulkan bahwa, jika kita ingin memiliki derajat yang tinggi di akhirat kelak, kuncinya adalah baca dan hafalkanlah al Quran sebanyak dan sesering mungkin, Karena tingginya derajat seseorang di akhirat kelak sesuai dengan sebanyak apa yang ia baca dan ia hafalkan dari al Quran. Semakin banyak dan sering kita membaca dan menghafalkan al Quran maka semakin tinggi pula derajat kita di akhirat kelak.

Lalu apa yang akan membuat kita malas untuk membuka mushaf kita yang sudah mulai berdebu karena sudah terlalu lama tertumpuk di rak buku atau menjadi salah satu pajangan yang telah terhimpit di antara buku-buku kita.

Mau menyanggah seperti apalagi jika Allah Swt. telah menawarkan kemuliaan yang teramat tinggi bagi kita yang mau membaca al Quran, baik berupa panen pahala yang banyak di dunia maupun kemuliaan berupa derajat yang tinggi di akhirat kelak. Bukankah Allah Swt. menjanjikan pahala yang luar biasa juga bagi kita yang membaca al Quran. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh sahabat mulia Abdullah bin Mas’ud R.A.

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ (الـم) حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ
(رواه الترمذي)

Dari Abdullah bin Mas’ud R.A. dari Rasulullah Saw. beliau bersabda: “Siapa saja yang membaca satu huruf dari al Quran maka ia akan memeroleh 1 kebaikan. Satu kebaikan itu akan dilipatgandakan pahalanya menjadi 10 kebaikan. Saya tidak mengatakan ‘alif laam miim’ itu sebagai 1 huruf, akan tetapi ‘alif’ 1 huruf, ‘laam’ 1 huruf, dan ‘miim’ 1 huruf”. (HR. Tirmidzi).

MasyaAllah begitu besar ganjaran pahala dari membaca al Quran. Kita akan diberikan pahala bukan dalam hitungan jam. Tapi dari setiap huruf yang kita baca akan dibalas dengan 10 kebaikan. Bahkan Rasulullah Saw. menegaskan alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu haruf. Jadi jika kita membaca alif lam mim saja. Kita sudah mendapatkan pahala 30 kebaikan. Dan semalas-malasnya kita mungkin tidak akan berat membaca surat terpendek dalam al Quran, yaitu surat al-Kautsar yang jumlah hurufnya 47 huruf. Surah tersebut dapat kita baca hanya dengan satu kali nafas saja dan kita sudah memeroleh 470 pahala. Lalu bagaimana jika kita membaca Al Fatihah, Al Baqarah, Ali Imran dan surah-surah yang lain. Jika pahala itu berbentuk kubus mungkin dunia ini sudah penuh dengan kubus pahala kita dari membaca al Quran saja.

MasyaAllah sekali lagi saya tekankan kepada kita semua. Lalu apa yang menjadi alasan kita untuk malas membaca al Quran..?

Apakah karena anda membaca al-Qurannya belum lancar..?

atau apakah anda masih terbata-bata ketika membaca al Quran..?

Bukankah Rasulullah Saw. juga menjanjikan pahala yang luar biasa bagi kita yang masih membaca al Quran dengan terbata-bata,

وعن عائشة رضي اللَّه عنها قالَتْ: قالَ رسولُ اللَّهِ ﷺ: الَّذِي يَقْرَأُ القُرْآنَ وَهُو ماهِرٌ بِهِ معَ السَّفَرةِ الكِرَامِ البَرَرَةِ، وَالَّذِي يقرَأُ القُرْآنَ ويَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُو عليهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْران متفقٌ عَلَيْهِ

“Dari Ummul Mukminin Aisyah R.A. berkata: Rasulullah Saw. bersabda: “Orang yang membaca al-Quran dan ia mahir membacanya, maka ia akan bersama malaikat yang mulia dan juga baik. Sedangkan orang yang membaca al Quran namun masih terbata-bata maka ia akan memeroleh 2 (dua) pahala (HR. Bukhari Muslim).

Subhanallah maka tidak ada alasan lagi untuk kita TIDAK membaca al Quran. Karena anda terbata-bata sekalipun anda mendapatkan 2 pahala.

Sekarang ambillah air wudhu lalu buka mushaf kita dan bacalah al Quran meskipun hanya satu halaman dalam satu hari. Akhirnya semoga Allah Swt selalu memberikan taufiknya untuk kita agar bisa istiqomah membaca al Quran. Amin

اَللَّهُمَّ ارْحَمْنِا بِاْلقُرْآنْ, وَاجْعَلْهُ لنا إِمَامًا وَنُوْرًا وَهُدًا وَرَحْمَةْ, أَللَّهُمَّ ذَكِّرْنا مِنْهُ مَا نَسِيْنا وَعَلِّمْنِا مِنْهُمَا جَهلنا وَارْزُقْنِا تِلاَوَتَهُ آنَاءَ الْلَيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارْ وَاجْعَلْهُ لنا حُجَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمْيِنَ.

“Ya Allah rahmatilah kami dengan al Quran , jadikanlah al Quran bagi kami sebagai panutan, cahaya, petunjuk dan rahmat . Ya Allah ingatkan-lah kami andaikan terlupa dari ayat-ayat al Quran, ajarkan kami dari padanya yang kami belum tahu, karuniakanlah kami untuk bisa membaca al Quran di tengah malam dan siang hari. Jadikanlah al Quran bagi kami sebagai pedoman Wahai Tuhan semesta alam.

Penulis : SIBAWAE (Abu Hauro’)

Editor : Gazwan

Artikel ini telah dibaca 149 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemprov NTB  Targetkan 24 Ribu ASN, Dalam Gelar Pekan Literasi Digital Sektor Pemerintahan

24 April 2024 - 02:49 WITA

Pj Gubernur NTB Tutup Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan di Islamic Center

5 April 2024 - 16:08 WITA

MIM Foundation Berbagi Kebahagiaan dengan 500 Anak Yatim dalam Program Begibung Bersama Yatim, Dihadiri Walikota Mataram

1 April 2024 - 05:59 WITA

MUSDA V KAMMI, Rahmad Terpilih Jadi Ketua Umum PD KAMMI Sumbawa

18 Maret 2024 - 06:28 WITA

Menjelang Ramadhan, MIM Foundation Mendistribusikan 3800 Dus Air Mineral untuk Masjid di Nusa Tenggara Barat yang didukung oleh Bank Dinar

8 Maret 2024 - 10:37 WITA

PD KAMMI BIMA Mendesak Presiden Untuk Bersikap Netral Dalam Pilpres 2024 , Harus Menampilkan Sikap Negarawan

3 Februari 2024 - 21:06 WITA

Trending di News