Menu

Mode Gelap
 

News · 12 Nov 2020 06:55 WITA ·

ORANG-ORANG YANG MEMILIKI WAKTU BERAMAL YANG LEBIH PANJANG DARI USIA MEREKA.


 ORANG-ORANG YANG MEMILIKI WAKTU BERAMAL YANG LEBIH PANJANG DARI USIA MEREKA. Perbesar

Oleh : SIBAWAE (Abu Hauro’)

Ilmu merupakan sumber dari segala kemuliaan, baik kemuliaan di dunia maupun di akhirat kelak. Sudah banyak bukti nyata yang menunjukkan hal itu. Sejarah juga telah banyak membuktikan tentang betapa mulia dan tingginya derajat ilmu dan orang-orang yang memilikinya.

Salah satu sejarah yang membuktikan hal itu adalah kisah nabi Allah, Yusuf A.S., yaitu ketika Allah Swt. ingin menampakkan keutamaan dan kemuliaan nabi Yusuf kepada orang-orang yang hidup pada masanya. Maka Allah Swt. mengajarkan kepadanya ilmu takwil mimpi. Sehingga tatkala Raja Mesir bermimpi dan para ahli tabir mimpi tidak mampu menakwilkannya, maka Allah menampakkan keutamaan nabi Yusuf dengan ilmunya tersebut. Setelah mengetahui hal tersebut, sang raja pun percaya kepada nabi Yusuf dan menjadikannya sebagai bendahara negara. Padahal, sebelumnya sang raja telah memenjarakannya disebabkan karena ketampanan wajah dan keindahan perawakan tubuhnya. Namun, tatkala sang raja mengetahui ilmu dan pengetahuannya, maka dia membebaskannya dan memberikan jabatan yang tinggi kepadanya.

Hal ini menunjukkan bahwa ilmu lebih memesona dan lebih mulia dari pada bentuk tubuh, meskipun itu bentuk tubuh yang paling indah sekalipun (seperti keindahan dan ketampanan nabi Yusuf). Dan ini merupakan bukti keutamaan dari ilmu. (Ibnu Qayyim, Kunci Kebahagiaan)

Hal ini selaras dengan firman Allah dalam surat al Mujadalah ayat 11,

يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Selain itu, Orang-orang yang tengah menapakkan langkah demi langkahnya untuk mencari dan menuntut ilmu Allah, maka sebenarnya ia tengah menapakkan langkah kakinya menuju anak tangga dari tangga surga-Nya Allah Swt. Hal ini sebagaimana hadits Rasulullah Saw.

عن أبي هُريرةَ ، رضي اللَّه عَنْهُ ، أنَّ رسُول اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم ، قالَ : « …. ومَنْ سلَك طرِيقاً يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْماً ، سهَّلَ اللَّه لَهُ بِهِ طَرِيقاً إلى الجَنَّةِ » رواهُ مسلمٌ .

“Dari Abu Hurairah R.A. ia berkata: “Rasulullah Saw. bersabda: “Barangsiapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mempermudah baginya suatu jalan menuju ke syurga.” (H.R. Muslim)

Orang-orang yang diberikan kemuliaan berupa ilmu, kemudian ia ajarkan kepada orang lain. Hakikatnya ia telah diberikan waktu beramal yang lebih panjang dari usia yang dimilikinya. Hal ini tidak lain karena keutamaan ilmu yang telah diajarkannya. Karena ketika seseorang mengajarkan suatu ilmu kemudian ilmu tersebut terus diamalkan oleh orang-orang yang diajar oleh orang berilmu tersebut. Maka pahalanya akan terus mengalir kepada orang yang mengajarkan ilmu tersebut meskipun ia telah tidak bisa beramal lagi, karena ia telah meninggal dunia. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah Saw.

إذا ماتَ ابْنُ آدَم انْقَطَع عَملُهُ إلاَّ مِنْ ثَلاثٍ : صَدقَةٍ جارية ، أوْ عِلمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أوْ وَلدٍ صالحٍ يدْعُو لَهُ » رواهُ مسلمٌ .

“Apabila anak Adam telah meninggal dunia, maka terputuslah amalannya (yakni tidak dapat menambah pahalanya) melainkan tiga macam perkara, yaitu shadaqah jariah, atau ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang mendoakan orang tuanya.” (H.R. Muslim)

Akhirnya semoga Allah Swt. memberikan ilmu yang bermanfaat dan memberikan kita kesempatan untuk bisa terus mengajarkan dan mengamalkan ilmu yang telah Allah Swt. berikan kepada kita.
Amin.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً، وَرِزْقًا طَيِّبًا

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, amal yang diterima, dan rizki yang baik” (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Ibnu Sunai)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemprov NTB  Targetkan 24 Ribu ASN, Dalam Gelar Pekan Literasi Digital Sektor Pemerintahan

24 April 2024 - 02:49 WITA

Pj Gubernur NTB Tutup Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan di Islamic Center

5 April 2024 - 16:08 WITA

MIM Foundation Berbagi Kebahagiaan dengan 500 Anak Yatim dalam Program Begibung Bersama Yatim, Dihadiri Walikota Mataram

1 April 2024 - 05:59 WITA

MUSDA V KAMMI, Rahmad Terpilih Jadi Ketua Umum PD KAMMI Sumbawa

18 Maret 2024 - 06:28 WITA

Menjelang Ramadhan, MIM Foundation Mendistribusikan 3800 Dus Air Mineral untuk Masjid di Nusa Tenggara Barat yang didukung oleh Bank Dinar

8 Maret 2024 - 10:37 WITA

PD KAMMI BIMA Mendesak Presiden Untuk Bersikap Netral Dalam Pilpres 2024 , Harus Menampilkan Sikap Negarawan

3 Februari 2024 - 21:06 WITA

Trending di News