oleh

Provinsi Pulau Sumbawa Akan Dimekarkan?

ERANTB.COM – Nasional – Beredar rilis Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) Republik Indonesia, tentang 57 Calon Kabupaten dan 8 Calon Provinsi yang akan dimekarkan, dalam rilis tersebut berikut 8 Calon Provinsi Baru yang juga akan dibahas DPR RI adalah :

1. Propinsi Pulau Sumbawa, pemekaran dari Propinsi NTB

2. Propinsi Papua Selatan, pemekaran dari Propinsi Papua

3. Propinsi Papua Tengah, pemekaran dari Propinsi Papua

4. Propinsi Papua Barat Daya, pemekarandari Propinsi Papua Barat

5. Propinsi Tapanuli, pemekaran dari Propinsi Sumatera Utara

6. Propinsi Kepulauan Nias, pemekaran dari Propinsi Sumatera Utara

7. Propinsi Kapuas Raya, pemekaran dari Propinsi Kalimantan Barat

8. Propinsi Bolang Mongondow Raya, pemekaran Propinsi Sulawesi Utara.

Masuknya Provinsi Pulau Sumbawa (PPS) dalam rilis tersebut menjadi isu yang cukup menarik perhatian berbagai kalangan di Pulau Sumbawa, setelah isu ini lenyap 5 tahun lalu, di mana banyak politisi yang mengangkat dan menjanjikan akan segera merealisasikan terbentuknya Provinsi Pulau Sumbawa jika terpilih di dalam Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2014. Namun informasi yang beredar tersebut adalah hoax dan telah dibantah oleh Kemendagri.

Kapuspen Kemendagri, Bahtiar dihadapan wartawan menyampaikan, “Kami tidak pernah membuat rilis soal 57 calon kabupaten dan 8 calon provinsi yang akan dimekarkan, itu jelas-jelas hoax. Apalagi merugikan saya sebagai Kapuspen dengan mencatut nama dan foto saya,” ucapnya. Pernyataan Kapuspen Kemendagri ini sekaligus menjawab keraguan dan informasi yang beredar di masyarakat khususnya masyarakat di Pulau Sumbawa yang telah lama didengung-dengungkan. Seperti yang telah lama diketahui, bahwa pemerintah masih melakukan Moratorium untuk Daerah Pemekaran Baru, hal ini karena atas dasar banyak pertimbangan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed