Menu

Mode Gelap
 

News · 28 Feb 2020 07:34 WITA ·

Rumah Zakat Sukseskan Program NTB Zero Waste, Relawan Inspirasi Akan Bangun Bank Sampah di Setiap Desa Berdaya


 Rumah Zakat Sukseskan Program NTB Zero Waste, Relawan Inspirasi Akan Bangun Bank Sampah di Setiap Desa Berdaya Perbesar

ERANTB.COM – Rumah Zakat kembali menancapkan perannya untuk masyarakat NTB melalui Program Desa Berdaya di 62 Desa di 10 Kabupaten Kota di NTB. Kali ini, Rumah Zakat memboyong seluruh Relawan Inspirasinya untuk melakukan studi banding ke Bank Sampah Bintang Sejahtera, kamis (02/2020) di Desa Tanak Awu Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Pada kesempatan tersebut, rombongan relawan Inspirasi Rumah Zakat lansung disambut oleh Direkturnya, Syawaluddin.

Cecep Lubis Hidayatullah dari Desa Berdaya Foundation ketika diwawancarai Era NTB di Bank Sampah Bintang Sejahtera, “saya datang ke NTB untuk memberikan motivasi ke teman-teman Relawan Inspirasi di NTB, kami mensinergikan dan mengkolaborasikan semangat ataupun Visi dari Pemerintah Provinsi NTB untuk Program Zero Waste. Menurut Cecep, itulah makanya kami di tiap titik Desa Berdaya Rumah Zakat akan membentuk Bank sampah di masing-masing titik, harapannya dengan berdirinya bank sampah ini, masyarakat mulai memilah sampah dari rumah tangga, otomatis nanti mengurangi sampah-sampah ke pembuangan akhir, sehingga Visi NTB Zero Waste itu dapat kita suport, kata Cecep.

Ditempat yang sama, Syawaluddin Direktur Bank Sampah Bintang Sejahtera mengungkapkan, saya sangat bersyukur sekali dengan hadirnya Relawan Inspirasi Rumah Zakat, itu akan lebih mempercepat tercapainya target NTB Zero Waste, akan lebih banyak masyarakat yang terjangkau dengan ide-ide pengolahan sampah berbasis masyarakat. Ini adalah langkah yang sangat bagus, sangat cerdas dimana Rumah Zakat membantu pemerintah dalam menyelsaikan masalah yang dihadapi, ucap Syawal Tokoh inspirasional yang telah menerima banyak penghargaan baik Tingkat Nasional maupun Internasional ini karena kepeloporan kewirausahaan sosialnya di sampah.

Salah satu peserta Studi Banding, Azis Relawan Inspirasi Angkatan 46 dari Desa Sepakek Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah menyampaikan, kami siap mensukseskan dan membawa semangat program Zero Waste dengan menjaga lingkungan di masing desa-desa kami. Selain ditugaskan oleh Rumah Zakat, kami juga berharap bisa bersinergi dengan Pemerintah Desa, Tokoh-Tokoh masyarakat setempat, tokoh-tokoh pemuda sehingga semakin menggerakkan masyarakat di desa terlebih yang sudah terlibat aktif, ungkapnya.

Di lokasi studi banding, para peserta yang datang dari seluruh NTB ini, mereka mendapatkan penjelasan lansung dari Direktur Bank Sampah Bintang Sejahtera, Syawaluddin tentang bagaimana menjadikan sampah bernilai ekonomis baik dengan cara diolah menjadi serbuk plastik, pupuk kompos, maupun berbagai kerajinan yang bernilai tinggi seperti ecobrik, dan aneka produk lainnya. Mereka juga mendapatkan tips-tips dalam membangun gerakan sosial masyarakat untuk terlibat aktif dalam menjaga lingkungan dimulai dari sampah rumah tangga masing-masing.

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemprov NTB  Targetkan 24 Ribu ASN, Dalam Gelar Pekan Literasi Digital Sektor Pemerintahan

24 April 2024 - 02:49 WITA

Pj Gubernur NTB Tutup Gelegar Pesona Khazanah Ramadhan di Islamic Center

5 April 2024 - 16:08 WITA

MIM Foundation Berbagi Kebahagiaan dengan 500 Anak Yatim dalam Program Begibung Bersama Yatim, Dihadiri Walikota Mataram

1 April 2024 - 05:59 WITA

MUSDA V KAMMI, Rahmad Terpilih Jadi Ketua Umum PD KAMMI Sumbawa

18 Maret 2024 - 06:28 WITA

Menjelang Ramadhan, MIM Foundation Mendistribusikan 3800 Dus Air Mineral untuk Masjid di Nusa Tenggara Barat yang didukung oleh Bank Dinar

8 Maret 2024 - 10:37 WITA

PD KAMMI BIMA Mendesak Presiden Untuk Bersikap Netral Dalam Pilpres 2024 , Harus Menampilkan Sikap Negarawan

3 Februari 2024 - 21:06 WITA

Trending di News